Puluhan Jenis Pekerjaan Yang Hilang Karena Teknologi

Puluhan Jenis Pekerjaan Yang Hilang Karena Teknologi

Gb. Mobil Otonom Google

Perkembangan teknologi  telah mentransformasi gaya hidup manusia.  Dalam perkembangan akhir-akhir ini, teknologi  juga mentransformasi pekerjaan yang selama ini dikerjakan manusia diambil alih oleh mesin yang mampu belajar (machine learning). Dalam machine learning ini disematkan teknologi perangkat lunak Artificial Intelegency (AI).

Transformasi itu bukan saja menyangkut pekerjaan otot yang menggunakan otot tapi sudah mulai menyentuh dalam bidang pekerjaan yang membutuhkan ‘thinking’. Teknologi AI dalam machine learning telah mampu mempolakan beberapa pekerjaan manusia yang membutuhkan ‘thinking’.

Mengapa persoalan ini penting bagi siswa dan orang tua siswa. Karena bisa saja pekerjaan yang diharapkan setelah nanti lulus sekolah atau kuliah telah hilang digantikan oleh machine learning. Situasi ini akan muncul? Mulai banyak anak-anak yang bertanya polos pada orang tua, “mama, bila aku besar, nanti aku bekerja di mana?”

Sebuah laporan PBB yang dikeluarkan oleh salah satu komisi yang dibentuk PBB – On Financing Global Opportunity – The Learning Generation (Oktober 2016), mengatakan bahawa dengan pencepatan teknologi seperti saat ini, hingga tahun 2030, sekit ar 2 miliar pegawai di seluruh dunia akan kehilangan pekerjaan.

Di balik kabar yang kurang bagus tentu saja ada berita baik. Sudah pasti beberapa pekerjaan akan menghilang tapi telah dan akan muncul lebih banyak lagi jenis-jenis pekerjaan baru.

Sebuah pekerjaan yang tak pernah kita kenal 10-20 tahun lalu kini sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari: Barista, blogger, web developer, apps creator/developer, smart chief listener, smart ketle manager, big data analyst, cyber troops, cyber psichologyst, cyber patrol, forensic cyber crime specialist, smart animator, game developer, smart control room operator, medical sonographer, prosthodontist, crowd funding specialist, social entrepreneur, fashionista and ambassador, BIM Developer, Cloud computing services, cloud service specialist, Dog Whisperer, Drone operator dan sebagainya.

Pertanayannya apakah persekolahan mampu mentransformasikan pendidikan untuk menghadapi pekerjaan-pekerjaan baru tersebut? Belum tentu. Inilah tantangan sekaligus peluang.

Berikut profesi-profesi atau jenis pekerjaan yang hilang karena teknologi berbasis AI.

Resepsionis

Dapat digantikan oleh Virtualia Receptionist

Tugas menerima panggilan telepon yang biasanya dimiliki oleh resepsionis saat ini sudah mulai dikerjakan oleh mesin penjawab atau sistem asisten virtual. Salah satu sistem yang mulai terkenal adalah virtual receptionist.

Di negara dengan teknologi maju seperti Jepang, peran resepsionis bahkan sudah tergantikan robot sungguhan.

Web Designer/Web Developer

Dapat digantikan oleh: The Grid

Konsep AI dari The Grid dirancang untuk melakukan pekerjaan seorang web designer atau developer, seperti desain dan coding dengan presisi tajam. Dengan sedikit input dari penggunanya, AI ini akan merancang sistem bisnis dan website sesuai kebutuhan.

Online Marketer

Dapat digantikan oleh: Persado

Persado dilengkapi data mengenai teknik persuasi yang menjadikannya cocok untuk perusahaan periklanan atau bidang marketing. Program ini juga sanggup memberi sentuhan pribadi dengan pesan-pesan yang dirancang sesuai untuk menargetkan klien sebagai individu.

Manajer Kantor

Dapat digantikan oleh: Betty

Saat ini Betty sedang dalam periode uji coba di Inggris untuk diluncurkan sebagai bot yang mampu menavigasi lingkungan kerja dan melakukan tugas terkait manajemen kantor, seperti menyapa tamu dan staf, mengontrol jam kerja dan lembur pegawai, serta melakukan inventory untuk perlengkapan kantor.

Akuntan

Dapat digantikan oleh: Smacc

Smacc mungkin bukan teknologi pertama yang membantu manusia melakukan digitalisasi proses akuntansi, namun teknologi sebelumnya masih butuh bantuan manusia untuk melakukan input data secara manual. Dengan Smacc, klien cukup menyerahkan bon dan dokumen yang dibutuhkan. Smacc akan mengubah data ini menjadi format yang kompatibel untuk dibaca mesin ini, melakukan enkripsi, dan perhitungan sesuai kebutuhan.

HR Recruitmen

Dapat digantikan oleh: FlatPi dan Mya

FlatPi dapat membaca lamaran kerja yang masuk dan mengategorikan kandidat sesuai kebutuhan lebih cepat dalam waktu beberapa detik saja. Sektor Human Resource konvensional juga mendapat tantangan dari FirstJob, perusahaan konsultasi karier, yang baru-baru ini meluncurkan chatbot bernama Mya yang bisa berinteraksi dengan kandidat untuk mengabarkan status lamaran kerja mereka.

Jurnalis

Dapat digantikan oleh: Wordsmith

Dunia kreatif pun tidak luput dari tantangan teknologi. Program AI semacam Wordsmith telah melalui sejumlah tahap uji coba untuk menulis berita. Program ini dapat melakukan riset dengan cepat dari kolam data yang besar, dan membuat laporan berita secara efisien.

Pada tahun 2014, Associated Press mulai menggunakan software cerdas untuk menulis laporan. Sitem Al yang digunakan oleh Associated Press, hingga kini sudah lebih dari 3.000 laporan ditulis tiap tiga bulan. Kalau satu orang menulis 3.000 laporan dalam waktu tiga bulan bisa-bisa dia enggak tidur sama sekali. Situs website di masa depan bisa jadi penulisnya bukan manusia lagi ya, melainkan robot.

Reporter

Dapat digantikan oleh teknologi web semantik.

Dengan meningkatnya layanan blog dan media online, profesi reporter media cetak atau koran diprediksi akan terus menurun.

Perangkat lunak pun kini sudah mulai dapat digunakan untuk menulis artikel. Sebagai contoh, The New York Times menggunakan teknologi situs web semantik untuk membuat pengumuman pernikahan.

Alih-alih seorang reporter menulis berita pernikahan, para pembaca dapat memasukkan informasi sendiri melalui dunia maya, seperti informasi pengantin, pekerjaan, dan banyak lagi. Informasi tersebut nantinya akan diatur sedemikian rupa oleh sebuah perangkat lunak untuk dijadikan sebuah artikel pengumuman pernikahan.

Editor

Dapat digantikan oleh: Bold

Pekerjaan yang butuh cipta kreatif seperti jurnalis saja bisa tergantikan dan editor pun tak luput. Bold adalah program yang mampu memberi input dan ide revisi, sembari membantu melakukan perbaikan terhadap struktur kalimat.

Pengacara

Dapat digantikan oleh: Ross

Lebih seperti asisten pengacara, Ross dapat melakukan riset, menyediakan teori hukum yang relevan, dan mencari data yang berhubungan dengan kasus. Semua ini adalah jenis pekerjaan yang biasanya menghabiskan banyak waktu. Efisiensi Ross pun menarik perhatian firma hukum Amerika Serikat, Baker & Hostetler untuk bekerja bersama dengan 50 pengacara di sektor hukum kepailitan.

Dokter

Dapat digantikan oleh: Babylon

Diagnosa penyakit sendiri mungkin tidak disarankan oleh pekerja medis profesional, namun seiring perkembangan zaman, robot dan aplikasi konsultasi kesehatan mulai meraih kepopuleran, misalnya aplikasi Alodokter di Indonesia. Aplikasi robot Babylon selain dapat melayani konsultasi personal juga dapat menjadi asisten yang menyimpan data kesehatan Anda untuk keperluan masa depan. Layanan kesehatan publik Inggris (British National Health Service) pun sedang melakukan tes terhadap efektivitas Babylon.

Psikolog/Terapis

Dapat digantikan oleh: Ellie

Menggunakan sensor Kinect yang sensitif membaca dan merespon bahasa tubuh klien, Ellie adalah program AI yang dapat tersenyum, mengangguk, dan menggelengkan kepala menggunakan avatar komputer, selayaknya psikolog yang mendengarkan keluhan pasiennya. Kabarnya banyak klien yang lebih memilih untuk konsultasi dengan Ellie daripada psikolog biasa.

Asuransi Badan Pengawas dan Perwakilan Klaim

Di Jepang, badan asuransi bernama Fukoku Mutual Life Insurance baru-baru ini mengganti 30 klaim asuransi kesehatannya dengan sistem Al berbasis IBM’s Watson Explore. Software ini bisa menganalisis dan menafsirkan semua data kita, termasuk teks, gambar, audio, dan video yang tidak terstruktur. Sistem ini bisa melakukan pekerjaannya lebih baik dan lebih cepat daripada yang dapat dilakukan manusia.

Teller Bank dan Representatives

Kita kita ketahui mesin ATM adalah robot pertama yang berperan dalam dunia perbankan, lalu ada aplikasi smartphone. Saat ini, nasabah bank dapat mengambil uang tunai, transfer dana, membayar tagihan, hingga membeli pulsa melalui mesin ATM. Melalui sebuah mesin khusus lainnya, nasabah pun dapat menyetor uang tunai ke rekeningnya.

Selanjutnya, pekerjaan teller bank dan juga representative bakal diganti juga sama robot, yaitu AI. AI ini tugasnya enggak hanya bisa melakukan transaksi tunai, tapi dia juga bisa membantu kita dalam membuka rekening dan memproses pinjaman dengan memakan waktu sangat singkat dibandingkan dengan manusia. Jadi, AI ini mesin yang menyerupai ATM dengan kemampuan bisa melakukan 90% pekerjaan perbankan manusia!

Mencari pekerjaan di jaman sekarang ini cukup sulit, apalagi kalau enggak punya kemampuan yang signifikan. Perkembangan ilmu teknologi di seluruh di dunia juga terjadi dengan sangat cepat, salah satunya adalah perkembangan dunia robot. Sekarang sudah banyak banget robot yang bisa kita temui di dunia nyata, robot-robot yang dibuat pun semakin canggih. Kita mungkin enggak menyadari kalau adanya robot bisa mempermudah hidup kita dan juga bisa menjadi saingan kita ke depannya.

Menurut Mark Gilder, Director of Distribution Strategy Citibank, saat ini setidaknya 85 persen pekerjaan teller bank dapat dilakukan di ATM.

Meskipun begitu, jenis pekerjaan ini masih belum digantikan oleh mesin sepenuhnya. Menurut Bureau of Labor Statistics (BLS) AS, tidak ada perubahan yang terlalu signifikan pada jumlah tenaga kerja ini hingga tahun 2022 mendatang.

Analisi Keuangan

Dalam sebuah perusahaan, mereka membutuhkan orang yang bisa bekerja sebagai analisis keuangan dengan sense yang tajam sehingga dia bisa melihan tren yang akan terjadi di masa yang akan datang. Fyi, sekarang udah ada software analisis keuangan cerdas yang bisa membaca dan mengenali tren data historis untuk memprediksi pergerakan pasar di masa depan. Memang sih kalau soal memori dan pencarian data, kemampuan mesin akan jauh lebih hebat dan cepat dibandingkan kemampuan manusia.

Pekerja Konstruksi

Dapat digantikan oleh SAM

Ternyata, pekerjaan manual yang kita kira hanya bisa dilakukan oleh manusia juga terancam tergantikan oleh tenaga robot. Tukang batu bata robot akan segera diperkenalkan ke lokasi konstruksi yang memungkinkan mesin robot ini bisa menggantikan dua sampai tiga pekerja manusia. Sistem ini bernama SAM (Semi-Automated Mason), yang bisa meletakkan 1.200 batu bata dalam satu hari, sementara normalnya manusia hanya bisa meletakkan 300 sampai 500 saja. Perusahaan pasti akan mempertimbangkan perbedaan kualitas dan kuantitas antara yang dikerjakan manusia dengan robot.

Manajer Inventarisasi Toko

Dapat digantikan oleh Tally

Mungkin di masa depan kita bakalan jarang melihat ada pekerja yang menata dan merapikan rak di toko. Robot bernama Tally memiliki kemampuan menjelajah lorong di toko dan menggunakan sensir untuk memindai rak lalu memberitahu staf manusia mengenai analisis temuannya. Tally bisa mengaudit rak untuk itvm yang enggak ada stocknya, item yang salah letak, dan juga kesalahan harga.

Supir Taksi

Dapat digantikan oleh mobil otonom.

Di saat supir taksi konvensional terancam dengan transportasi online, nanti di masa depan mereka semua akn terancam dengan kehadiran kendaraan otomatis yang ada di jalan. Dalam 3 tahun ke depan, kota-kota di dunia akan memiliki armada self-driving taxis. Perusahaan Uber lagi menguji jenis kendaraan otomatis dan Singapura adalah negara pertama yang sudah memasang beberapa sistem ini dan diuji coba di jalan.

Senior Vice President perusahaan teknologi Salesforce Peter Schwartz memprediksikan, “mobil pribadi (dengan sopir) akan semakin jarang.”

Schwartz juga berpendapat, ketimbang menyimpan mobil pribadi di garasi, di masa depan masyarakat justru cenderung menyewa mobil otonom selama mungkin sesuai kebutuhan. “Mobilisasi sebagai layanan, bukan produk,” jelasnya.

Pekerja Pabrik

Kita ketahui, setiap pabrik di seluruh dunia pasti memiliki banyak pekerja pabrik. Di Cina, ada kemungkinan para pekeja pabrik di sana akan digantikan oleh tenaga robot. Robot yang menggantikan pekerja pabrik sudah ada di Foxconn, pabrik yang membuat bahan-bahan iPhone hingga Xboxex. Foxconn baru saja mengganti 60,000 pekerja dengan robot!

Agen perjalanan (travel agent)

Dapat digantikan oleh aplikasi pemesanan tiket dan hotel.

Beberapa tahun lalu, konsumen harus pergi ke agen perjalanan apabila ingin memesan tiket pesawat. Namun, kini konsumen dapat melakukannya sendiri melalui situs maskapai yang ingin digunakan.

Selain lebih praktis, konsumen dapat memilah sendiri, tiket mana yang paling murah.

Menyikapi Tren Perubahan dalam Pendidikan.

Tren tentang perubahan jenis pekerjaan manusia telah terjadi sejak ribuan tahun yang lalu. Persoalannya, tren perubahan terjadi secara eksponensial. Di masa lalu perubahan jenis pekerjaan terjadi setelah beberapa puluh generasi sehingga tidak dialami oleh generasi yang bersangkutan . Dengan percepatan perubahan maka saat ini dan di masa depan sebuah generasi bisa mengalami situasi perubahan jenis pekerjaan manusia tidak sekali saja tapi bisa beberapa kali.

Tentang mobil otonom yang sudah ramai diujicoba diberbagai negara,  di Indonesia belum terdengar gaungnya tapi di tetangga dekat kita sudah mulai memikirkannya tentang pola perubahan yang signifikan dibidang transportasi.

Pemerintah New South Wales telah menjalankan inisiasi Smart Innovation Centre di Sydney barat. Fasilitas ini akan menyediakan penelitian mengenai dampak dari kombinasi transportasi dan teknologi yang sedang marak.

Menurutnya, transportasi masyarakat akan berubah, mulai dari usia kemudi, batasan kecepatan, dan lampu lalu lintas yang dikonfigurasi. Pemerintah harus memastikan legislatif dan persyaratan aturan juga diubah, begitu kata Constance.

“Pekerjaan di masa depan akan sangat berbeda, sistem edukasi juga harus berubah, serta tentu saja pemerintah akan membantu masyarakat dalam mengasah ulang keterampilan mereka,” tutur Constance.

One Response to “Puluhan Jenis Pekerjaan Yang Hilang Karena Teknologi

  • Terima kasih infonya ini sangat bermanfaat perkenalkan nama saya Augien Desvarendy Fhadellya(1722500141) matakuliah Komputer dan Mayarakat kelompok SI5A dari Atma Luhur kunjungi website kami https://www.atmaluhur.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *