90 persen soal USBN 2018 akan berjenis pilihan ganda, dan 10 persen berbentuk esai

Untuk siswa SD, SMP, SMA dan SMK perlu memperhatikan perubahan format USBN untuk tahun 2018. Jika sebelumnya seluruh soal menggunakan format pilihan ganda tapi pada USBN 2018 ini pilihan ganda hanya 90% dan 10% menggunakan format esai.

USBN untuk jenjang SD pada 2018 akan mengujikan 3 mata pelajaran. Sedangkan USBN SMP, SMA dan SMK akan mengujikan seluruh mata pelajaran.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menetapkan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) mulai 2018 bagi peserta didik kelas 6. Hanya tiga mata pelajaran yang diujikan dalam USBN di tingkat SD ini: Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA.

Dengan berganti format ujian menjadi USBN, pola pembuatan naskah ujian juga mengalami perubahan. Pada format US/M tahun 2017 lalu, sebanyak 25 persen soal disiapkan oleh pusat dan 75 persen soal dibuat oleh guru serta dikoordinasikan oleh dinas pendidikan provinsi dan kantor wilayah kementerian agama.

Sementara pada USBN tahun ini, sebesar 20 persen hingga 25 persen soal disiapkan oleh pusat sedangkan 75 persen hingga 80 persen disiapkan oleh guru yang tergabung dalam kelompok kerja guru (KKG).

Pada akhir tahun temuan 2017/2018, bagi siswa-siswi di bangku kelas akhir tiap satuan pendidikan akan melawan beragam rangkaian aktivitas ujian. Rangkaian jenis ujian akhir tahun tersebut antara lain:

  • Ujian Sekolah (US) serta Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN);
  • Ujian Nasional (UN) yang dilakukan dengan 2 proses choices yaitu: Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) serta Ujian Nasional Berbasis Kertas serta Pensil (UNKP)
  • Ujian praktik Sekolah sesuai dengan kebijakan satuan pendidikan

Adapun mata pelajaran yang diujikan dari masing-masing jenis ujian di atas ialah sebagai berikut:

  • Ujian Sekolah (US) → semua mata pelajaran di sekolah kecuali mapel di USBN
  • Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) → SMP/MTs : Pendidikan Agama serta Budi Pekerti, IPS, serta PKn; SMA/MA : Pendidikan Agama serta Budi Pekerti, PKn, serta Mapel sesuai program serta peminatan; SMK : Pendidikan Agama serta Budi Pekerti, PKn, Keterampilan Komputer serta Pengelolaan Informasi
  • Ujian Nasional (UN) → SMP/MTs : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, serta Ilmu Pengetahuan Alam (IPA); SMA/MA : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, serta Mapel choices sesuai program serta peminatan; SMK : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, serta Mapel choices sesuai program serta peminatan
  • Ujian praktik Sekolah → mencakup mata temuan ujian praktik sesuai dengan kebijakan sekolah satuan pendidikan masing-masing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *